PROFIL SMAMJA

SMA Muhammadiyah Kota Jayapura, didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Abepura, pada tahun 1976. Setelah beroperasi kurang lebih tiga tahun, kemudian mendapat pengesahan dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, dengan dikeluarkannya surat pengakuan Nomor; 187/1076 tanggal 12 Maret 1979 yang berlokasi di Jalan Sarmi No. 3 Abepura satu lokasi bersama SMP Muhammadiyah Abepura. SMA Muhammadiyah Kota Jayapura mendapat Piagam pendirian dari Majelis Pendidikan Dasar dan menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 1092/I.4/F/2004. Bangunan gedung pada masa itu masih merupakan bangunan Belanda yang berbentuk Rumah seng setengah lingkaran. Adapun kepala sekolah yang pernah menjabat di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura adalah Drs. H. Syamsu Suriaatmadja (1976-1981) H. Hasan Kasmali (1981-1986), Drs. Paidi (1986-1992), Drs. M.R. Hasibuan (1992-1998) Drs. Ismail Malawat (1998-2006), Dahlan Sain, S.Ag (2006-2009) Dra. Atira Maddu (2009-2012) Udin Ramazakir, S.Pd., M.Si (2013-2024) Suroto, M.Pd (2024). Dengan perkembangan pendidikan yang semakin maju, jumlah penduduk yang terus bertambah, maka lokasi sekolah lama sudah tidak dapat menampung secara baik, serta pembelajaran kurang maksimal karena sejak awal berdirinya SMA Muhammadiyah Kota Jayapura melakukan pembelajaran di siang hari, karena bergantian dengan SMP Muhammadiyah Abepura yang menggunakan ruang belajar pada pagi hari. Untuk mengakomodir perkembangan dan daya tampung yang lebih baik maka pada tahun 2001 SMA Muhammadiyah pindah lokasi seperti yang ditempati saat ini yaitu Jalan Abepantai No: 25 Abepura.

Biodata Sekolah

Visi & Misi

A. VISI SMA MUHAMMADIYAH KOTA JAYAPURA

 

Visi yang dimiliki SMA Muhammadiyah Kota Jayapura diturunkan dari tujuan Nasional Pendidikan di Indonesia dan Spirit Gerakan Muhammadiyah, sehingga Visi SMA Muhammadiyah Kota Jayapura  adalah ”Intelektual Religius, Unggul, dan Berkarakter”

Adapun Indikator Visi sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Intelektual Religius : memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik, Akidah yang bersih serta akhlak mulia, yang mampu digunakan dalam membantu kehidupannya disertai dengan pemahaman dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari Wujud pribadi yang pintar, cerdas sekaligus paham agama dengan baik.
  2. Unggul : adalah sesuatu yang diperoleh atau dimiliki oleh seseorang siswa yang melalui usaha dan kerja keras serta melalui penanaman kebiasaan-kebiasaan yang positif dan sekolah merupakan bagian terpenting dalam rangka mecerdaskan kehidupan bangsa seperti yang diamatkan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945.
  3. Berkarakter : adalah sosok pribadi yang memiliki Adab yang baik, meliputi adab terhadap orang tua, keluarga, guru, tetangga, teman, dan masyarakat. Memiliki jiwa dan perilaku yang mencerminkan Profil Pelajar Berkarakter Nasionalis, Patriotis dan Cinta Tanah Air yang sempurna. Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan
B. MISI SMA MUHAMMADIYAH KOTA JAYAPURA

 

Sesuai Visi sekolah, maka ditetapkan Misi Sekolah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dengan baik yang memadukan standar kurikulum Nasional dan Muhammadiyah, yang mengarah pada pembentukan pemahaman ilmu pengetahuan, sains dan teknologi yang baik bersamaan dengan pemahaman Akidah yang bersih diwujudkan dalam praktek ibadah dan akhlak yang
  2. Mengintegrasikan proses pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai nilai agama, akhlak, budi pekerti mulia serta penanaman nilai dan norma kehidupan

 

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang mengarah pada life skill serta pembentukan kepribadian yang menguasai berbagai keterampilan bidang seni, budaya, teknologi pangan, pengolahan, budidaya. Terampil dalam memanfaatkan teknologi terbarukan yang selalu mengalami perubahan dan mampu dimanfaatkan dengan baik untuk menopang kehidupannya, serta memiliki jiwa wirausaha mandiri.
  2. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kegiatan pendukung lainnya dalam upaya membentuk kepribadian pelajar yang berkarakter religius, patriot, cinta tanah air, bangsa dan
  3. Mengintegrasikan pembelajaran dalam pembentukan pribadi yang memiliki Adab yang baik, meliputi adab terhadap orang tua, keluarga, guru, tetangga, teman dan masyarakat. Memiliki jiwa dan perilaku yang mencerminkan Profil Pelajar Berkarakter religius, patriot, cinta tanah air, bangsa dan negara
  4. Mengintegrasikan pembelajaran yang mengarahkan terbentuknya pelajar yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan

Mengintegrasikan pembelajaran yang memenuhi tantangan kodrat alam dan kodrat zaman

Maju Bersama, Hebat Semua

©2024. SMAMJA MEDIA. All Rights Reserved.

Scroll to Top